Alam itu gimana siiiiiiiiiiiiiiich?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Alam itu gimana siiiiiiiiiiiiiiich?

Post  andy maulana on Thu Feb 26, 2009 4:35 pm

kan sudah aku bilang di jawabanku di bawah
kalau alam ini bisa dibilang qodim karena sejak dahulu alam ini diciptakan .
dan kalau di bilang baru karena alam ini bisa rusak. jadi antara qodim dan baru kalau menurut aku ga' ada bedanya karena setiap perkara yang diciptakan itu akan mengalami kerusakan. Embarassed Embarassed Embarassed Embarassed

andy maulana
Pejuang
Pejuang

Jumlah posting : 74
Age : 26
Lokasi : jawa timur
Registration date : 13.02.09

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Alam itu gimana siiiiiiiiiiiiiiich?

Post  sheila on Thu Feb 26, 2009 4:21 pm

andy maulana wrote:
sheila wrote:
zero wrote:Yang pernah saya kaji Di dalam ilmu tauhid itu yang qodim hanyalah Allah Swt. dan selainnya tidak ada lagi men.....! Meskipun alam itu qodim atau pun jadid yang jelas pasti akan hancur dan hancur berkeping-keping ! kalau mau bertanya jangan pakai ilmu mantek kayak gitu dong.... Wassalam! Very Happy


Gini zero...! Kalau ada permasalahan jangan langsung divonis bahwa sipenanya itu pake' manteq, cuman penanya itu lagi bingung aja gitu, dan lagi nich, forum ini dibentuk buat kita supaya mengasah otak biar tambah rasional alias tidak kaku dan beku gituuuu.......supaya otoritas intelektualitas kita tambah maju dan makin kritis dalam menghadapi fenomena kehidupan. Makanya jangan cuman surabaya, batam, bandung yang dimasukin. study study study lol! lol! lol!

Pengertian mas zero itu ada benernya juga! Karena semua yang dialam itu baru (makhluk). Setiap makhluk itu pasti akan hancur.


Anda bilang pengertiannya zero ada benernya juga, berarti pengertiannya zero ada salahnya juga dong?!. Ngomong2 mana nich yang benar, dan mana nich yang salah? ko' tidak tegas gitu dalam memberikan pendapat? Basketball Basketball Basketball Sleep Sleep Sleep

sheila
Pejuang
Pejuang

Jumlah posting : 80
Registration date : 19.02.09

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Alam itu gimana siiiiiiiiiiiiiiich?

Post  andy maulana on Thu Feb 26, 2009 3:04 pm

sheila wrote:
zero wrote:Yang pernah saya kaji Di dalam ilmu tauhid itu yang qodim hanyalah Allah Swt. dan selainnya tidak ada lagi men.....! Meskipun alam itu qodim atau pun jadid yang jelas pasti akan hancur dan hancur berkeping-keping ! kalau mau bertanya jangan pakai ilmu mantek kayak gitu dong.... Wassalam! Very Happy


Gini zero...! Kalau ada permasalahan jangan langsung divonis bahwa sipenanya itu pake' manteq, cuman penanya itu lagi bingung aja gitu, dan lagi nich, forum ini dibentuk buat kita supaya mengasah otak biar tambah rasional alias tidak kaku dan beku gituuuu.......supaya otoritas intelektualitas kita tambah maju dan makin kritis dalam menghadapi fenomena kehidupan. Makanya jangan cuman surabaya, batam, bandung yang dimasukin. study study study lol! lol! lol!

Pengertian mas zero itu ada benernya juga! Karena semua yang dialam itu baru (makhluk). Setiap makhluk itu pasti akan hancur.

andy maulana
Pejuang
Pejuang

Jumlah posting : 74
Age : 26
Lokasi : jawa timur
Registration date : 13.02.09

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Alam itu gimana siiiiiiiiiiiiiiich?

Post  sheila on Thu Feb 26, 2009 12:05 pm

zero wrote:Yang pernah saya kaji Di dalam ilmu tauhid itu yang qodim hanyalah Allah Swt. dan selainnya tidak ada lagi men.....! Meskipun alam itu qodim atau pun jadid yang jelas pasti akan hancur dan hancur berkeping-keping ! kalau mau bertanya jangan pakai ilmu mantek kayak gitu dong.... Wassalam! Very Happy


Gini zero...! Kalau ada permasalahan jangan langsung divonis bahwa sipenanya itu pake' manteq, cuman penanya itu lagi bingung aja gitu, dan lagi nich, forum ini dibentuk buat kita supaya mengasah otak biar tambah rasional alias tidak kaku dan beku gituuuu.......supaya otoritas intelektualitas kita tambah maju dan makin kritis dalam menghadapi fenomena kehidupan. Makanya jangan cuman surabaya, batam, bandung yang dimasukin. study study study lol! lol! lol!

sheila
Pejuang
Pejuang

Jumlah posting : 80
Registration date : 19.02.09

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Sekilas info tauhid

Post  zero on Thu Feb 26, 2009 6:30 am

Yang pernah saya kaji Di dalam ilmu tauhid itu yang qodim hanyalah Allah Swt. dan selainnya tidak ada lagi men.....! Meskipun alam itu qodim atau pun jadid yang jelas pasti akan hancur dan hancur berkeping-keping ! kalau mau bertanya jangan pakai ilmu mantek kayak gitu dong.... Wassalam! Very Happy

zero

Jumlah posting : 8
Age : 30
Lokasi : tanggul
Registration date : 24.02.09

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

ilmu tauhid

Post  zz on Thu Feb 26, 2009 4:52 am

Wah rupanya lagi ngomongin ilmu tauhid nih , ilmu paling aneh yang pernah saya pelajari.
Saya sudah lupa tentang semua ( ini itu ) ilmu tauhid, yang saya ingat tentang ilmu tauhid adalah tuhan itu satu dan sempurna, TITIK!
tidak ada satupun didunia yang tahu tentang tuhan, semua hanya sebatas ijtihad.
Kenapa ilmu tauhid membingungkan? soale ilmu ini mencoba menggabungkan ilmu pasti dan ilmu agama. makanya janggan heran kalau ilmu mantek banyak dipakai dalam ilmu ini.
alam itu qodim atau jadid ?
itu tergantung sudut pandang dan dalil kita, saya rasa keduanya tidak akan bisa digabungkan .
mungkin kalau hadis atau qur`an bisa digabung, tapi kalau ini ....??????? saya rasa tidak.
emangnya kenapa sih kalau alam itu qodim atau jadid ???/
toh tetap alam adalah alam.
bagi yang suka berlogika, saya sarankan jangan ke ilmu tauhid. banyak ilmu yang menyediakan tempat untuk berlogika seluas2nya.
pada akhirnya keputusan ada ditangan anda.
allahumma solli ala muhammad

zz
Panglima
Panglima

Jumlah posting : 121
Age : 71
Lokasi : france
Registration date : 13.02.09

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Alam itu gimana siiiiiiiiiiiiiiich?

Post  sheila on Thu Feb 26, 2009 3:55 am

lyla wrote:apa semua itu bersangkutan masalah alam saja atau juga bersangkutan dengan yang maha Esa.atau mungkin anda mau main ilmu mantik kali.....! tolong diperjelaskan lagi kata-kata tersebut biar bisa di jawab dengan jelas. sekian. lol!


Yang saya tahu dari doktrin, yang memang ini. Mau dijelasin gimana lagi" Alam Itu Qodim" dan ada yang mengatakan "Alam Itu Jadid". cara menjawabnya ya terserah anda kan, mw dijawab dari mn atau bagaimana. flower flower flower

sheila
Pejuang
Pejuang

Jumlah posting : 80
Registration date : 19.02.09

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Mohon di jelaskan

Post  lyla on Thu Feb 26, 2009 3:46 am

apa semua itu bersangkutan masalah alam saja atau juga bersangkutan dengan yang maha Esa.atau mungkin anda mau main ilmu mantik kali.....! tolong diperjelaskan lagi kata-kata tersebut biar bisa di jawab dengan jelas. sekian. lol!

lyla
Pemula
Pemula

Jumlah posting : 11
Registration date : 26.02.09

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Alam itu gimana siiiiiiiiiiiiiiich?

Post  sheila on Thu Feb 26, 2009 2:07 am

andy maulana wrote:kedua-duanya itu memang benar!
cara memadukannya yaitu : yang dimaksud qodim disana karena alam di ciptakan setelah tidak ada, dan yang dimaksud baru yaitu setiap perkara yang baru itu pasti rusak ( termasuk kita2 ini) jadi alam ini pasti akan rusak. sebenarnya antara keduanya itu tidak ada pertentangan karena kedua-duanya sama-sama mengalami perubahan dan akhirnya akan rusak. Very Happy Very Happy
wassalam

Maksud dari kata-kata anda yang menyatakan qodim adalah karena diciptakan setelah tidak ada, apakah tidak satu arti dengan pengertian yang kedua? yang lebih tepatnya adalah 'adam (tidak ada). berarti ini jauh dari dua doktrin yang saling bertolak belakang donk? Question please deeeech, teliti dulu dooonk diskripsi pokok permasalahannya. lol! gih jawab ja dengan lebih logis lagi dan penuh rasional, aku bukan hamba lhoooo tapi aku sheila gituuuuuuu tongue tongue tongue Question

sheila
Pejuang
Pejuang

Jumlah posting : 80
Registration date : 19.02.09

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

askum

Post  andy maulana on Thu Feb 26, 2009 1:21 am

kedua-duanya itu memang benar!
cara memadukannya yaitu : yang dimaksud qodim disana karena alam di ciptakan setelah tidak ada, dan yang dimaksud baru yaitu setiap perkara yang baru itu pasti rusak ( termasuk kita2 ini) jadi alam ini pasti akan rusak. sebenarnya antara keduanya itu tidak ada pertentangan karena kedua-duanya sama-sama mengalami perubahan dan akhirnya akan rusak. Very Happy Very Happy
wassalam

andy maulana
Pejuang
Pejuang

Jumlah posting : 74
Age : 26
Lokasi : jawa timur
Registration date : 13.02.09

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Alam itu gimana siiiiiiiiiiiiiiich?

Post  sheila on Thu Feb 26, 2009 12:43 am

Saya bingung nich, gimana ya yang benar antara doktrin yang mengatakan alam itu jadid (baru) dan ada yang mengatakan alam itu dahulu (qodim). Atau dua-duanya sama benar? Trus kalau memang kedua-duanya sama2 benar, bagaimana cara memadukannya? Karena masing2 dari kedua doktrin ini sama2 berasal dari ulama' yang otoritas keilmuannya tidak perlu diragukan lagi untuk mendekati sebuah kebenaran. Tolong berikan penjelasannya dengan penjelasan yang logis serta rasional karena hal ini menyangkut tentang akidah kita selaku umat islam, dan supaya tidak terjadi penyalahan sepihak antara dua kubu yang saling berbeda tentang hal ini. Beri jawaban yang bijaksana? Jawab lagiiiii, cepetan ya czx aku bingung, gih jawab atuh. see jaaaaaa.................... bounce bounce bounce Question Question Question

sheila
Pejuang
Pejuang

Jumlah posting : 80
Registration date : 19.02.09

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Alam itu gimana siiiiiiiiiiiiiiich?

Post  Sponsored content Today at 11:19 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik